Makanan-makanan yang Tidak Bagus untuk Anak

Adelia Ratnadita – detikHealth

 Jakarta, Makanan cepat saji memang merupakan pilihan makanan yang praktis dan cukup murah. Sayangnya makanan cepat saji berkontribusi terhadap obesitas pada banyak orang. Jika sering mengonsumsi makanan cepat saji, maka anak dapat berpotensi untuk obesitas seumur hidup beserta semua risiko kesehatannya.
Obesitas memliki banyak risiko penyakit, seperti diabetes, serta penyakit kardiovaskular. Sebuah studi pada tahun 2010 yang diterbitkan oleh American Dietetic Association menemukan bahwa, hampir 40 persen dari kalori yang dikonsumsi oleh anak-anak adalah kalori kosong.

Oleh karena itu, orang tua harus memilihkan makanan yang baik dan menghindari makanan yang buruk untuk anak. Kira-kira makanan apa saja yang buruk untuk anak?

Berikut 10 makanan terburuk untuk anak seperti dikutip dari Fitbie, Selasa (31/1/2012) antara lain:

1. Kids meal

Kids meal tergolong makanan terburuk untuk anak karena mengandung lebih dari 800 kalori. Kids meal biasa disediakan di restoran cepat saji di Amerika.

2. Es krim yang sering disediakan di restoran cepat saji

Es krim memang salah satu makanan favorit anak-anak. Es krim yang seringkali disediakan di restoran cepat saji senilai hampir empat hari asupan lemak jenuh.

3. Burger

Burger merupakan salah satu makanan yang digemari oleh anak-anak. Burger yang dikonsumsi dengan berbagai makanan dari restoran cepat saji lainnya memiliki jumlah kalori yang tinggi, yaitu lebih dari satu setengah hari dari kalori, lemak, dan sodium.

4. Nugget

Nugget memang lebih mudah dan praktis untuk disajikan. Selain itu nugget juga banyak disukai oleh banyak orang termasuk anak-anak. Bahkan banyak orang yang menjadikan nugget sebagai camilan. Padahal nugget mengandung kalori yang cukup tinggi.

5. Kentang goreng

Kentang goreng merupakan salah satu makanan dari restoran cepat saji yang banyak digemari. Anak-anak kebanyakan juga sangat menggemari kentang goreng. Kentang goreng yang dikonsumsi dengan berbagai makanan dari restoran cepat saji lainnya memiliki jumlah kalori yang tinggi, yaitu lebih dari satu setengah hari dari kalori, lemak, dan sodium.

6. Fried chicken dari restoran cepat saji

Meskipun banyak fried chicken yang dipromosikan bebas lemak, namun fried chicken biasanya sarat dengan minyak sayur terhidrogenasi parsial, yaitu prekursor ke lemak berbahaya.

7. Soft drink

Softdrink merupakan minuman yang banyak disediakan di restoran cepat saji. Hampir semua softdrink mengandung 97 gram karbohidrat adalah gula murni. Minuman tersebut dapat menyebabkan lonjakan insulin.

(del/ir)

Sumber : http://www.detikhealth.com/read/2012/01/31/155713/1830534/1301/makanan-makanan-yang-tidak-bagus-untuk-anak?l1101755

via tumblr http://blog.rhivaldy.com/post/16812817828

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s